SWOT Sedurunge SEWOT!

Pilwalkot Pilkada Kota Cirebon
SWOT Sedurunge SEWOT! Tahukah Anda bahwa sang Calon Walikota dan Wakilnya akan “mengendalikan” uang lebih dari Rp.1 Triliun tiap tahunnya? Bayangkan!

Inilah yang membuat pikiran dan hati saya galau tentang PILWALKOT di Kota Cirebon yang akan digelar 24 Februari 2013.

Sepertinya kita dihadapkan pada satu situasi yang suka atau tidak, harus menentukan pilihan ~ sebab satu suara pun menjadi sangat berharga untuk kesejahteraan rakyat selanjutnya.

Kita tidak bisa lagi sekedar SEWOT bila melihat Wilayah Pinggiran Kota Cirebon masih banyak yang belum memiliki PJU (Penerangan Jalan Umum), MCK yang layak dsb. Bahkan hingga Kota Cirebon berulang tahun yang ke 643 (tahun 2012 kemarin) ternyata soal air bersih masih sangat tergantung pada Kuningan.

Nah, daripada SEWOT belakangan, lebih baik kita SWOT sebelum menentukan PILIHAN, sebab Anda MEMILIH (NYOBLOS) atau TIDAK MEMILIH (TIDAK NYOBLOS) : WALIKOTA & WAKILNYA harus tetap ada!

Pilkada Pilwalkot Kota Cirebon Gambaran sederhana tentang SWOT sebagai bahan pertimbangan setidak-tidanya seperti ini :

Strengths (Kekuatan): pertimbangkan baik-baik apa saja yang menjadi kekuatan Calon Walikota dan Wakilnya. 
- Misalnya, prestasi apa saja yang sudah dilakukannya? 
- Benarkah perduli pada rakyat atau masyarakatnya? 
- Faktor PUTRA DAERAH ada baiknya dijadikan sebagai bahan pertimbangan, karena PASANGAN PUTRA DAERAH logikanya akan lebih mencintai daerahnya dibandingkan dengan yang bukan putra daerah, mengingat yang bersangkutan lahir, hidup, dan mati dikuburkan di daerah asalnya.
- Waspada dan tetap kritis, karena setiap musim PILKADA dan semacamnya, selalu kental dengan aroma tebar pesona dst…

Weaknesses (Kelemahan): cari dan temukan informasi yang akurat mengenai kelemahan atau kekurangan Calon Walikota dan Wakilnya. Misalnya dari cara dia berbicara, bersikap di lingkungan terdekatnya, dsb.

Opportunities (Peluang): pikirkan, diskusikan dan buatlah gambaran apa saja yang akan dilakukan Calon Walikota dan Wakilnya bagi rakyat atau masyarakat Kota Cirebon.
- Tahukah Anda bahwa sang Calon Walikota dan Wakilnya akan “mengendalikan” uang lebih dari Rp.1 Triliun setiap tahunnya?
- Yakinkah anda bahwa uang yang “dalam kewenangannya” akan digunakan benar-benar untuk rakyat?
- Yakinkah Anda bahwa Calon Walikota dan Wakilnya tidak akan meraup balik modal plus bunga, plus keuntungan dan plus-plus lainnya lantaran biaya kampanye yang Miliaran rupiah? Logika sederhananya adalah semakin besar biaya kampanye, maka semakin besar modal yang harus dikembalikan.

Threats (Ancaman): cermati secara lebih dalam tentang latar belakang Calon Walikota dan Wakilnya, termasuk partai pengusungnya. Semisal apakah yang bersangkutan hanya akan mementingkan kelompoknya, bisnisnya, dsb.
- Tolak Serangan Fajar! Kalau Anda menemukan orang yang melakukan bagi-bagi uang di saat-saat menjelang nyoblos, laporkan ke KPU atau Panwaslu atau Polisi. Namun jika merasa ribet dalam lapor-melapor, tolak saja uangnya ~ atau "kerjain" dengan cara terima uangnya, tapi Coblos Calon yang lain.

Semoga bermanfaat dan Kota Cirebon memperoleh Walikota & Wakilnya yang memiliki pendekatan 4 sifat Rasulallah, yakni Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh!

Bagaimana menurut Anda?
Labels: cirebon, kota cirebon, swot, walikota

Thanks for reading SWOT Sedurunge SEWOT!. Please share...!

0 Komentar untuk "SWOT Sedurunge SEWOT!"

Back To Top