Catatan Ganjene Cerbon

Kirab Hut Kota Cirebon
Catatan Ganjene Cerbon : Hati saya bergetar saat menyaksikan ider-ideran Prajurit Keraton, Telik Sandi, Buroq dan sejumlah kesenian tradisional lainnya dalam Kirab Budaya menyambut HUT ke 639 Kota Cirebon. Kumandang shollawat yang dilantunkan semakin menggetarkan kalbu, membuat bulu kuduk merinding. Dan yang lebih menggetarkan lagi manakala tetes air hujan tak tertahankan, mereka terus bertahan berjalan kaki menuju finish. Celaka! Adakah yang menerima di Balai Kota?

Syukurlah, ternyata walikota kita berada di sana. Coba bayangkan bagaimana jadinya kalau para pejuang budaya ini tidak ada yang menyambut? Lebih bersyukur lagi, keesokan harinya Ang Bardi dan unsur Muspida lainnya membuka Ganjene Cerbon. Sejumlah senyum dan keceriaan memancar dari wajah-wajah para penyaksi peristiwa seakan menjanjikan harapan baru akan kebangkitan budaya tradisional Cirebon.

Usai pembukaan, kemudian menyaksikan sintren istimewa yang dimainkan oleh lima penari sintren. Lantas mengunjungi berbagai stand kerajinan dan kuliner. Senyum dan keceriaan penuh warna dari para penjaga stand yang merasa terhormat, karena dikunjungi oleh bapak-bapak yang terhormat. Rakyat dan para pemimpinnya menyatu begitu saja, tanpa jarak, dan seakan ada bahasa batin yang saling mengerti tentang apa yang harus dilakukannya. Bahasa batin yang rutin hingga saat ini adalah rakyat selalu butuh bantuan dan pemimpin selalu juga siap memberikannya.

Suasana keramaian menjadi lebih leluasa, ketika rangkaian seremonial berakhir. Sejumlah pengunjung segera saja merangsek untuk bisa duduk di tenda VIP, menonton kesenian demi kesenian berikutnya. Stand pengrajin tak sesak lagi. Hanya satu atau tiga orang saja yang menyambangi beberapa karya atau hasil kerajinan yang dipajang. Nampaknya sekedar cuci mata, terus ngeleos maning. Sangat jarang terjadi transaksi jual beli.

Disinilah saya baru nyakseni, mengapa para pengisi stand enggan diajak berpartisipasi. Sampai tenda digratiskan pun ogah ikutan. Pasalnya, bila ada acara kayak beginian (selalu) produk yang mereka jajakan tidak laku. Cape bongkar pasang barangnya. Rugi waktu, tenaga, dan uang. Wah, sampai sekomplet itu kerugiannya! Kehadiran mereka di sini, seperti kebiasaan sebelumnya – selain dapat fasilitas tenda gratis, juga dapat uang sekedar ganti rugi dari tempat mangkalnya sehari-hari..

Kondisi demikian tentu sangat memprihatinkan lantaran hukum ekonomi pasar tak berjalan. Perlu adanya kajian yang lebih mendalam. Seyogyanya pemerintah atau Disbudpar segera melakukan survey kecil-kecilan yang ujungnya adalah menjawab hukum market dan demand supaya bergerak normal. Penelitian tentang harga, kualitas, design dan sebagainya harus selaras dengan segmen pengunjung yang datang. Sungguh aneh bila kita saksikan pengisi stand penuh, traffic ramai, tapi tidak terjadi aksi transaksi. Pasti ini ada sesuatu yang salah, tak boleh dibiarkan berulang-ulang apalagi sudah terjadi sedemikian lama. Masa sih kita wong Cerbon beli bisa beresi kang wis katon?

Hal senada rupanya terjadi juga pada para seniman tradisional. Sebagai contoh ingkang kula sakseni, misalnya kesenian Tarling Nada Budaya pimpinan Ang Narto yang legendaries itu, kita hanya mampu membayar seperlima atau sepertujuh bila dibandingkan dengan gaji anggota DPRD. Ngenes pisan ca! Dan yang lebih mengenaskan lagi, saat nonton Tarling Putra Sangkala yang tak kalah legendarisnya. Sang pimpinan, Ang Ajib sampai menyorongkan kotak kardus bekas tempat air mineral untuk nodong sawer walikota, wakil walikota, kadisbudpar, dan penonton.

Saya sempat satu-dua kali tertawa, menyaksikan kepiawaian sang maestro tarling nembak sawer penuh canda. Semula terkesan hanya guyonan belaka, namun setelah sejumlah nama disebutkan berulang-ulang dengan durasi cukup lama, tiba-tiba mata saya berkaca-kaca. Hati rasanya ngilu seperti tersayat-sayat sembilu. Astagfirullah sudah sedemikian kepepet nampaknya. Betapa tidak, dengan jumlah rupiah yang sama seperti Narto – secara matematika mereka pasti mati-matian berbagi kaisan rejeki. Berapa masing-masing kebagian bila dibagi lebih dari sepuluh personil, setelah dipotong transport gamelan, make up, kostum dsb? Siapa yang tidak brebes mili?

Oh, ya gara-gara brebes mili saya jadi ingat komentar wong Cerbon yang sekarang sudah jadi orang di Jakarta. Embie C Noer sang ilustrator musik terbaik ini mengomentari tulisan saya yang pernah dimuat di harian Radar Cirebon bertajuk : Investasi Budaya Cirebon. Adik alamarhum Arifin C Noer (pelopor pembaharuan Teater Moderen di Indonesia teater moderen dan sutradara legendaris) itu minta maaf tak bisa hadir di Ganjene Cerbon, karena kaligane waktunya bentrok sebagai juri di Festival Teater Jakarta. Melalui Larasan Nusantara berkomentar : Puluhan Tahun, hampir di seluruh Kota dan Kabupaten di Tanah Air, selalu saja jika mereka merayakan hari jadinya umumnya dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan kesenian. Sungguh sayang jika saat yang kental kandungan budayanya itu masih belum optimal dimanfaatkan dengan melakukan sedikit variasi kombinasi ( diversivikasi ) yaitu menyuguhkan juga berbagai kesenian-kesenian ( undangan ) yang bagus dari luar daerah. Sehingga anggaran Budpar atau Bakombudpar antar Kota dan Kabupaten bisa turut mendinamisir sektor ekonomi reel nasional, sekaligus memacu kompetisi kreatif budaya seni baik klasik, tradisi, rakyat ( folk ) atau kontemporer. 

Mudah-mudahan budaya saling mengundang antar Kota dan Kabupaten, kelak dikemudian hari akan dapat menjadi iklim kultural yang dapat untuk tumbuh suburnya saling mempengaruhi dan mengilhami, lalu akhirnya akan bermunculan berbagai seni campursari ( colaboration ) di antara para pelaku budaya seni se Nusantara. Dirgahayu Kota Cirebon - ( nulise bari brebes mili garagara blibisa melu balik ndeleng ider-ideran... )

Tinimbang cuma brebes mili, mendingan kita bareng-bareng sekien wani, sekiki wani, kapan bae wani beberes apa-apa sing kudu diberesi. Ikon mega mendung jangan sampai berubah makna menjadi mendungnya berbagai budaya lokal, mendungnya semangat mengedukasi dan memfasilitasi rakyat. Ada baiknya bila pemerintah atau Disbudpar segera mengundang beberapa tokoh seniman, budayawan, wartawan atau siapa saja yang dianggap kompeten untuk memberi masukkan guna bersama-sama menentukan arah kebijakan kebudayaan (dan pariwisata) untuk tahun 2009 sebelum menentukan anggaran. Tidak harus formal atau seminar, mengundang secara sendiri-sendiri dan bicara dari hati ke hati pun bisa dilakukan.

Semangat membangkitkan kebudayaan yang nembe trubus jangan sampai layu sebelum berkembang, hanya karena mengulang-ulang kesalahan yang sama yakni masalah kurangnya anggaran. Disbudpar harus berani “bertarung” dan menjelaskan sejelas-jelasnya kepada berbagai pihak terkait. tentang besaran anggaran untuk membesarkan kebudayaan. Meski langit mendung, selalu saja ada celah harapan yang harus dan terus diperjuangkan. Cem, tah? *) Catatan Ganjene Cerbon : 25-07-2009.
Labels: budaya cirebon, catatan budaya, catatan ganjene cerbon

Thanks for reading Catatan Ganjene Cerbon. Please share...!

2 komentar on Catatan Ganjene Cerbon

  1. super sekali..
    saya senang, haru dan bangga membaca tulisan ini..

    BalasHapus
  2. Semangat membangun cirebon, budaya cirebon unik dan punya nilai jual, tinggal gimana packagingnya..
    Adakan event panggung terbuka setiap minggu atau 2 minggu sekali dengan tempat bisa pindah2 dr depan balekota, kacirebonan , kesepuhan atau kota tua pelabuhan. selipkan sedikit hiburan modernya untuk memancing perhatian dan tidak monoton.

    BalasHapus

Back To Top